Kamis, 11 Desember 2008

Konklusi Tiga Negara

Kisah Tiga Negara ( Samkok - Romance of Three Kingdom). Kebanyakan orang terhanyut membaca kisah tersebut, tanpa menyadari arti sesungguhnya mengapa China di bagi menjadi tiga negara pada saat itu. China dibagi tiga oleh tiga kekuatan berimbang pada masa itu yaitu Shu, Wu dan Wei. Berimbang dalam konteks pandangan dari luar, sama-sama memiliki kekuatan infantri, kavaleri, pemanah, angkatan laut, para jendral yang tersohor dan ahli strategi yang setiap saat memantau pergerakan masing-masing lawan.

Disini berlaku hukum balance, dimana apabila salah satu kekuatan menyerang total, maka pertahanan akan menjadi lemah. Situasi ini dapat dimanfaatkan oleh rival untuk menyerang bagian yang lemah tersebut dan menaklukannya.

Inilah yang menjadi dasar pertimbangan strategi dan cita cita Zhuge Liang untuk menciptakan situasi kondusif selama mungkin, disisi lain menyiapkan strategi memperluas wilayah kekuasaan Liu Bei. Dan strategi demikian telah banyak diterapkan dan dijumpai dalam kehidupan nyata pada setiap zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar